Refleksi 1
Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
Kembali aktif nge blog.. Terlalu sibuk sama tugas jadi lupa nge blog.
Beruntung nih ketemu mata kuliah yang kita bisa belajar menulis lewat
blog, belajar program lewat game, sekaligus bisa belajar fotografi juga.
Keren banget ya.. nge game yang tidak sia-sia :v
Mohon maaf jika tulisannya masih acak-acakan atau mungkin penggunaan
bahasanya masih ada yang tidak bisa dimengerti. Dalam postingan ini saya
akan berbagi ilmu.. wihh keren banget bahasanya berbagi ilmu.. kaya
yang banyak ilmu aja ya :D Langsung saja.
Jadi mata kuliah yang akan
saya bahas adalah Algoritma Pemrograman.
Pada Selasa, 01 Maret 2016, ada beberapa hal yang telah dosen sampaikan
mengenai mata kuliah yang sering disebut alpro ini. Dosen menyampaikan
bahwa, pada mata kuliah alpro ini mahasiswa akan mempelajari pemrograman
dalam keseharian, dasar-dasar perancangan algoritma atau lebih tepatnya
mempelajari sekuen, kondisional dan yang terakhir loop atau perulangan.
Pada dasarnya, mata kuliah ini kita akan memberi kita pengetahuan
tentang pengertian algoritma sebagai dasar pembuatan program komputer,
penggunaan simbol flowcharting dan penerapan algoritma dengan
menggunakan bahasa C++ atau Java.
Karena waktu dikelas terbatas, maka dosen meminta mahasiswa untuk
mengunduh materi mata kuliah ini difacebook. Setelah saya unduh, isi
materi pertemuan pertama adalah tentang komputer dan bahasa
pemrogramaan.
Keren ya.. ketemu bahasa pemrograman lagi :v . Dari judul babnya saya
rasa sudah tidak asing lagi, karena semester satu kemarin, mata kuliah
PTI juga mengajarkan tentang komputer sedangkan bahasa pemrograman saya
sudah mempelajari pada mata kuliah DDP.
Berikut hasil resume saya,
1. Pengertian Komputer
Komputer adalah suatu mesin yang melakukan tugas yang sederhana berdasarkan instruksi-instruksi tertentu.
2. Bahasa Pemrograman C++
Bahasa pendukung pemrograman berorientasi objek yang dirancang oleh Bjarne Stroustrup dari AT&T Bell Laboratories
3. Algoritma dan C++
Bentuk Algoritma
Algoritma nama_algoritma
{ kepala algoritma, berisi penjelasan seperlunya }
Deklarasi
{berisi variabel yang terlibat}
Deskripsi
{berisi detail algoritma}
Bentuk C++
#include <iostream.h>
[ deklarasi subprogram ]
main() {
[ deklarasi variabel ]
pernyataan;
…
return 0;
}
4. Variabel
Variabel adalah nama yang menyiratkan lokasi memori komputer yang dapat
digunakan untuk menyimpan nilai, di mana isinya dapat diubah-ubah dan
dapat dipandang sebagai abstraksi dari lokasi. Nilai dari suatu variable
diubah dengan assignment statement.
Cara pendeklarasian variabel :
Harus dideklarasikan lebih dahulu
Setiap variable harus mempunyai tipe
Berkaitan dengan alokasi tempat penyimpanan
Tipe : integer, float, double, char, dll.
5. Assignment Statement
Assignment Statement terdiri dari sebuah variable di sebelah kirinya dan
suatu ekspresi di sebelah kanannya. Ekspresi yang dimaksud disini
merupakan kumpulan operan dan operator yang mempunyai nilai tunggal
6. Tipe Data
Tipe Data pada dasarnya menyatakan beberapa hal berikut :
Jenis nilai yang dapat disimpan dalam lokasi memori untuk variable
tersebut, sehingga membatasi himpunan nilai-nilai yang dapat dipunyai
variable tersebut
Jenis operasi yang dapat dilakukan terhadap variable bersangkutan
7. Pengantar Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang
disusun secara sistematis dan logis. Kata Logis merupakan kata kunci
dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus
dapat ditentukan bernilai salah atau benar (ingat : Logika Matematika)
Pelaksana algoritma adalah prosesor.
Sehingga prosesor harus mengerti setiap langkah dalam Algoritma dan
mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.
Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman (dinamakan program).
8. Perbedaan Belajar Memprogram dengan Belajar Bahasa Pemrograman
Belajar Memprogram : belajar tentang metodologi pemecahan masalah,
kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan
dipahami
Belajar Bahasa Pemrograman : belajar memakai suatu bahasa aturan-aturan
tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian
compiler-nya, dan memanfaatkan instruksi-instruksi tersebut untuk
membuat program yang ditulis hanya dalam bahasa itu saja.
9. Flowchart
Flowchart merupalan gamabaran arus data.
Nah.. untuk materi lebih lengkapnya, teman-teman dapat mengunduh materi pada blog ini..
Terimakasih telah mengunjungi blog saya :
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.,
Unknown /
Author & Editor
Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.
0 komentar:
Posting Komentar